Cikarang Lebih Menjanjikan

Posted on

Cikarang Lebih Menjanjikan Dari Serpong

Senin, 10 Nov 2014 | Penulis: Prasojo, Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta – Serpong, Tangerang, Banten, merupakan kawasan paling menjanjikan untuk berinvestasi properti. Banyak yang melirik kawasan ini karena dekat dengan Jakarta Barat, ke Bandara Soekarno Hatta tidak terlalu jauh, dan fasilitasnya komplit. Tiga tahun lalu kenaikan harganya bisa mencapai 50 persen lebih dalam satu tahun. Rumah, ruko, apartemen laris manis diborong investor.

Apartemen di Cikarang, Green Palace Residence

Namun, menurut Erwin Karya, Associate Director Ray White, prospek yang lebih menjanjikan di masa depan bukan lagi Serpong melainkan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Serpong saat ini sudah matang dan harganya cukup tinggi. Untuk tumbuh seperti beberapa tahun lalu sulit dan butuh waktu lama.  Sementara Cikarang kondisinya seperti Serpong beberapa tahun lalu. Kawasan ini masih akan berkembang karena punya basis ekonomi sangat kuat melalui kehadiran ribuan perusahaan industri. Di sini ada ribuan pekerja asing dan ratusan ribu pekerja industri yang membutuhkan hunian dan dukungan fasilitas.

Erwin menyebut bila kita membeli apartemen di daerah Cikarang seharga Rp700 -Rp800 jutaan, bila disewakan harganya bisa mencapai 1.200 dollar Amerika per bulan. Sewa yang tinggi bisa didapat karena kawasan Cikarang banyak pekerja asal Korea Selatan, selain Jepang, dan bule. Rumah menengah dan menengah atas juga makin berkembang terutama di Jababeka dan Lippo Cikarang untuk meladeni kalangan white colour. “Sekarang kalau kita investasi di wilayah barat (Serpong), keuntungannya 7-8 persen, tapi kalau di wilayah timur (Cikarang) bisa mencapai 15-25 persen,” tambahnya.

Ia menjelaskan, di daerah Serpong harga tanah sudah mencapai Rp15-20 juta/m2. Apabila dibangun apartemen paling murah harganya Rp16 -17 juta/m2. Sementara di Cikarang harga apartemen masih Rp12 -13 juta/m2. “Jadi, capital gain di Cikarang masih jauh lebih tinggi dibandingkan wilayah barat (Serpong,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s