Import BBM

Sampingan Posted on

RI Importir BBM Terbesar No.2 Dunia’

Rista Rama Dhany – detikfinance
Jumat, 22/05/2015 13:52 WIB
RI Importir BBM Terbesar No.2 Dunia
Jakarta -Salah satu bukti Indonesia bukanlah negara kaya minyak adalah negara ini impor minyak dan bahan bakar minyak (BBM). Bahkan jumlah impornya yang terbesar ke-2 di dunia.

“Indonesia merupakan importir BBM nomor dua terbesar di dunia. Jika tidak melakukan langkah-langkah serius, kita akan menjadi importir terbesar di dunia,” ujar Menteri ESDM Sudirman Said, dalam bahan paparannya, ketika ditemui di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Sudirman menambahkan, sementara produksi dan lifting minyak nasional terus menurun jumlahnya. Bahkan dalam 5 tahun terakhir tidak pernah mencapai target yang ditentukan dalam APBN.

“Lima tahun terakhir tidak pernah capai target. Tahun produksi minyak kita di APBN ditargetkan 825.000 barel per hari. Kita yakin akan tercapai,” ungkapnya.

Tidak hanya produksi yang turun, lebih ironis lagi cadangan minyak Indonesia terus menurun, tercatat jumlahnya hanya sekitar 3,5 miliar barel, dengan produksi minyak per hari 800.000 barel maka cadangan tersebut akan habis kurang dari 10 tahun.

“Sejak 2001 cadangan minyak terus turun, bahkan tingkat pengembalian cadangan tidak sampai 60%,” tutupnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data Kementerian ESDM konsumsi BBM nasional rata-rata mencapai 1,5 juta barel per hari. Sementara produksi minyak Indonesia hanya rata-rata sekitar 800.000 barel per hari, itupun harus dikurangi dengan bagi hasil dengan kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang membantu memproduksi minyak.

(rrd/dnl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s