Orang Asing Sedang di Kaji

Posted on Updated on

Pemerintahan Jokowi Kaji Izinkan Orang Asing Miliki Apartemen di RI

Maikel Jefriando – detikfinance
Rabu, 13/05/2015 15:58 WIB
Halaman 1 dari 2
Pemerintahan Jokowi Kaji Izinkan Orang Asing Miliki Apartemen di RI
Jakarta -Pemerintah membuka peluang untuk warga asing bisa memiliki properti khususnya apartemen di Indonesia, asalkan apartemen dengan harga tertentu dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Dorongan agar orang asing di Indonesia bisa memiliki properti sudah lama disampaikan oleh para pengembang. Selama ini orang asing hanya mempunyai hak dalam properti dalam status hak pakai selama 25 tahun dan bisa diperpanjang.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menuturkan untuk aturan untuk PPnBM sebenarnya sudah rampung. Sedangkan aturan perubahan untuk kepemilikian asing masih dibahas bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

“Hak milik asing itu adalah yang tinggal aturan hukumnya. Tapi yang pasti ataupun nanti itu dibolehkan hanya untuk apartemen. Dan apartemen itu ada harga minimumnya. Itu yang dikategorikan mewah,” kata Bambang di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Rabu (13/5/2015)

Dalam rencananya kategori, properti yang terkena PPnBM adalah dari harga minimal sebesar Rp 5 miliar dengan tarif PPnBM 10%. Kemudian harga Rp 7,5 miliar sebesar 15% dan harga di atas Rp 10 miliar sebesar 20%. Menurutntya, rencana ini akan mampu mendorong industri properti untuk bisa tumbuh tinggi.

“Wacana itu sangat baik untuk mendorong sektor properti,” ujarnya.

Belum ada kepastian kapan aturan akan selesai dan kebijakan orang asing boleh memiliki apartemen di Indonesia direalisasikan. Namun sekarang fokus pemerintah adalah untuk penyediaan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kapan dan bagaimana itu masih dikaji oleh pemerintah. Karena pemerintah masih fokus untuk penyediaan rumah. Sebelum kita berlanjut soal kepemilikan asing,” kata Bambang.

Pihak pengembang tentunya mendapat angin segar bila pemerintah memperbolehkan asing boleh memiliki apartemen di dalam negeri. Hal ini mampu mendorong industri properti di tengah perekonomian nasional yang lesu.

“Ini sudah saatnya asing masuk. Kan Indonesia sudah masuk pembangunan yang cukup bagus. Kualitasnya sudah bisa dibandingkan dengan negara tetangga,” kata Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy.

Menurutnya, kebijakan tersebut tidak akan mengganggu masyarakat kelas menengah ke bawah. Karena akan ditentukan apartemen dengan harga yang dikategorikan sangat mewah yang bisa dimiliki orang asing.

“Apabila ini diterapkan dan dijalankan. Kami juga yakin ini tidak akan menganggau kepemilikan rumah di menengah bawah. Ini akan menjaga industri tetap tumbuh,” papar Eddy.

Kategori tersebut akan ditentukan setelah dikeluarkannya aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah. Belum dapat ditentukan kapan kebijakan tersebut bisa direalisasikan.

“Kalau industri ini tumbuh, sehingga bisa memberi gairah pertumbuhan ekonomi. Meskipun dengan kondisi sekarang yang banyak peminat dari dalam negeri tapi jangka panjang bagus nantinya,” kata Eddy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s